Belajar Dari “Semut”

Posted: 22 Februari 2012 in Arti Kehidupan Dari Si MINI

Semut merupakan serangga yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari… !!! serangga bertubuh mini ini selalu diidentikkan dengan sesuatu yang mangandung rasa manis karena memang semut suka sama yang manis-manis kecuali orang manis.πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

Terkadang manusia menganggap semut adalah hewan yang patut untuk dibasmi. Selain karena gigitannya yang pedis dan gatal, semut juga sering merusak pemandangan. tiap melihat gerombolan semut entah itu dilantai atau didinding, bawaannya kita pasti ingin buru-buru membasminya. Dengan berbagai cara kita lakukan agar kerajaan semut itu berhasil kita taklukkan.πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

Namun,,,

Tahu kah kita semut memiliki sifat yang bisa dibilang lebih dari manusia. apa saja kah itu ??? mari kita ulas satu persatu.

  1. Teladan semut dalam etos kerjanya dan kebersamamaan hidup dalan koloninya

    Semut memiliki etos kerja yang amat baik.dan etos kerja semut ini sangat cocok untuk diperhatikan oleh orang- orang malas.Β  Coba kita perhatikan saat semut mengangkat makanan entah itu berukuran besar atau kecil, mereka selalu mengangkatnya secara bersama- sama… kerja sama yang baik bukan ??? padahal tahukah kalian ?? semut merupakan hewan terkuat kedua. Bahkan semut jauh lebih kuat dari seekor gajah. Semut mampu mengangkatΒ  50 kali dari berat badannya sendiri sedangkan gajah hanya mampu mengangkat 2 kali berat badannya. Namun karena kebersamaan mereka, setiap pekerjaan yang mereka lakukan pasti dilakukan secara bersama-sama.

  2. Ketaatan kepada pemimpinnya

    Semut merupakan hewan yang sangat taat kepada pemimpinnya… apapun yang pemimpinnya katakan pasti semut akan melakukannya. bahkan mungkin perintah yang tidak masuk akalpun semut akan lakukan demi menaati perintah pemimpinnya. Namum sebuah penelitian mengatakan, pemimpin yang terpilih bukanlah semut sembarang. sama halnya manusia, semut juga memilih pemimpin yang betul-betul bisa dipercaya. namun bedanya terhadap manusia terkadang pemimpin yang dipilih dikalangan manusia silau akan kedudukannya hinggah akhirnya menghianati kepercayaan yang diberi rakyatnya. sedangkan semut tidaklah seperti itu. seorang pemimpin yang dipilih akan memimpin rakyatnya dengan benar tanpa silau dengan kedudukannya. dan sekalipun pemimpinnya tidak ada semut tetap mampu menyediakan roti dimusim panas dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen

  3. Ketekunan dalam menghadapi rintangaan.

    Andai kata manusia adalah semut, mungkin ia tidak akan perna tidur pulas. Biarpun mereka telah berada dalam sarang namun tidak menjamin hidup mereka sudah amat. Mereka harus tetap waspada dari serangan manusia atau hewan lainnya. Namun kesemua itu tidak membuat nyali semut menciut. mereka tetap tekun melaksanana aktifitas mereka dalam mengumplkan makanan sekalipun bahaya mengintai mereka.

  4. Kepekaan terhadap sekitarnya

    Semut amatlah pekat terhadap sekitarnya. Yang dimaksud disini adalah kepedulian semut terhadap hal-hal disekitarnya. Apa bila ada serangga yang mati mereka pasti akan memindahkannya. Selain itu semut juga menyuburkan tanah. Mereka tidak hanya numpang membuat sarang tapi mereka juga menyuburkan tanah disekitar tempat mereka bersarang. Selain itu sarang yang mereka buat juga berkhasiat mengobatiΒ  berbagai macam penyakit. Semut peduli atau peka terhadap hal- hal disekitanya oleh karena itu mereka tidak ingin menjadi komunitas yang tidak berguna sekalipun terkadang kita manusia tidak menyadari hal positif yang disuguhkan oleh semut.

    Kita sebagai manusia harusnya bisa lebih dari semut karena kita adalah ciptaan TUHAN yang paling mulia. Kita diberikan keistimewaan dari TUHAN melebihi ciptaannya yang lain. Kalau semut bisa setia, peduli, dan taat kenapa kita sebagai manusia tidak bisa melakukan hal yang sama ???

    Jadi mulai sekarang belajarlah untuk hidup yang lebih baik… !!! penderitaan mungkin akan mewarnai kehidupan kita sama halnya semut yang harus menanggung derita karena ulah manusia namun dibalik penderitaan itu tersimpan harta yang tak ternilai harganya. kehidupan sejati yang akan membuat kita terus hidup sebagai ciptaan TUHAN yang paling sempurna.

    sekian dulu corat-coretku. semoga bermanfaat bagi kita semua. sebaiknya senyum yang manis saat anda selesai membaca artikel ini karena itu menandakan kalau anda siap menjadi lebih baik. hehehehhehehe…. !!!πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

 

Komentar
  1. erick thomas mengatakan:

    mantap… !!! semoga z bisa mencontohi sifat semut…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s